Kamis, 21 November 2019

8 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Android Yang Penuh Dan Hampir Habis

Your Ads Here

8 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Android Yang Penuh Dan Hampir Habis
Javaziana.com
Your Ads Here

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Android Yang Penuh Dan Hampir Habis. Ruang penyimpanan yang hampir penuh merupakan sebuah peringatan yang seringkali kita jumpai saat ingin menginstal aplikasi ataupun mendownload file tertentu. Hal ini dipicu karena memori internal atau memori sistem yang ada di HP kamu hampir habis, sehingga tidak cukup lagi untuk menyimpan data lagi.
Tahukah kalian, bahwa jika memori sistem hampir habis atau telah penuh maka ini bisa membuat kinerja pada hp android kamu menjadi lemot dan lamban dalam memproses suatu data. Jadi alangkah baiknya kita menyisahkan ruang penyimpanan kosong agar android tersebut bisa bekerja opstimal.

Cara Membersihkan Memori Internal Android Agar Memiliki Ruang Penyimpanan Yang Kosong


1. Gunakan Memori Eksternal Sebagai Penyimpanan Utama

Cara pertama yang dapat kalian coba untuk mengatasi ruang penyimpanan internal yang penuh adalah dengan menambahkan Memori Eksternal sebagai media penyimpanan utama, mulai dari file pribadi, data aplikasi, cache dan lain lain.

2. Hapus Semua File Tidak Penting

Cara selanjutnya adalah kalian harus menghapus data data yang tidak penting atau file yang sudah jarang kalian gunakan, seperti foto, video, ebook, apk dan sejenisnya.
Baca juga: 2 Cara Menghapus Semua Data Memori Internal Dan Eksternal Android

3. Pindahkan Data Laptop Atau Komputer (PC)

Jika kamu ingin datamu tetap aman tapi ingin melonggarkan memori internalmu maka kamu dapat menggunakan Laptop atau Komputermu media pencadangan data, dengan begitu kamu dapat menghapus file yang sudah dipindahkan di laptop.
Jika sewaktu waktu kamu membutuhkan data itu lagi maka kamu hanya perlu mentrasnfernya dari laptop.
1. Hubungkan HP android ke Laptop/Komputer melalui kabel data USB
2. Setelah itu akan muncul beberapa opsi pada notifikasi bar android, pilih saja opsi "Sebagai Media Penyimpanan".
3. Selanjutnya masuk ke komputer kalian dan buka File Explorer dan masuk ke dalam menu "Computer" lalu pilih partisi media penyimpanan tersebut yang ada di "Portable Device", biasanya nama partisi tersebut sesuai dengan merek HP kalian, contohnya seperti saya Infinix Smart 2.
4. Selanjutnya masuklah kedalam ruang penyimpanan tersebut dan pilih semua data yang ingin kalian pindahkan ke laptop.

4. Cadangkan Data Di Cloud Storage

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Yang Penuh Dengan Cloud Storage
Selain memindahkan data data ke laptop dan komputer, kita juga dapat memindahkan data ke media penyimpanan awan seperti Google Drive, Solidfile, Media Fire, One Drive dan kawan kawan.
Baca juga: Situs Penyedia Layanan Cloud Storage Gratis

5. Hapus Cache Aplikasi

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Yang Penuh Dengan Menghapus File Cache Dan Data
Menghapus file cache merupakan tindakan yang tepat untuk mengurangi file file sampah agar dapat melonggarkan ruang penyimpanan telepon. Untuk menghapus file cache kalian dapat langsung menuju ke menu "Setelan > Aplikasi" pilih salah satu aplikasi seperti yang sering digunakan, seperti WA, Youtube, Facebook atau Instagram, kemudian pilih "Penyimpanan" dan ketuk tombol "Hapus cache".
Cara ini terbilang kurang efektif karena jika banyak sekali aplikasi yang ada di HP kamu maka prosesnya cukup lama, maka dari itu lebih menggunakan Aplikasi Cleaner berikut ini 7+ Aplikasi Pembersih File Sampah (Cleaner) Terbaik Di Android.

6. Hapus Data Aplikasi

Selain menghapus file cache, kalian juga bisa menghapus data file yang tersimpan di memori pada aplikasi tersebut. Namun cara ini terbilang cukup beresiko karena ini akan menghapus semua data yang pernah tersimpan dalam aplikasi tersebut, seperti akun, isi chat, pengaturan dan lain lain.
Untuk caranya ialah mirip seperti Menghapus File Cache Aplikasi sebelumnya, yakni masuk ke menu "Setelan > Aplikasi" lalu pilih salah satu aplikasi yang datanya ingin dihapus, kemudian pilih "Penyimpanan" setelah itu ketuk tombol "Hapus data".

7. Mencopot Pemasangan Aplikasi

Mencopot beberapa aplikasi yang tidak terpakai merupakan salah satu cara efektif untuk mengosongkan ruang penyimpanan memori sistem yang sedang penuh. Jadi kamu dapat menerapakan cara ini untuk melonggarkan kapasitas memori yang tersedia.

8. Mengembalikan Ke Setelan Pabrik

Jika kalian ingin memori sistem pada ponsel android kamu kembali normal seperti baru keluar dari pabrik maka kamu dapat memilih opsi Factory Reset untuk mengembalikannya ke setelan pabrik.

Baca juga:

Itulah info seputar mengenai Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Yang Penuh Dan Hampir Habis yang bisa kalian coba sendiri dan rasakan perbedaannya di semua merek HP, seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus dan lainnya.

Blog ini adalah tempat untuk penyedia berbagai macam tutorial, tips, dan info menarik lainnya. Admin berharap pengunjung dapat lebih mudah mencari apa yang di inginkan dan mendapatkan informasi yang menarik di blog ini.